Rabu, 24 Maret 2010

track sector dan cluster

pada media penyimpanan data menggunakan disk/cakram, terdapat keterangan-keterangan diantaranya kapasitas, jumlah track dan sector yang dimiliki dari sebuah disk/cakram. cakram yang dimaksud dapat berupa Blue Ray, DVD, CD, atau Floopy disk.

Sebuah floopy disk 3.5 inch dengan kapasitas 1,44MB walaupun isi yang digunakannya adalah 1.38MB karena digunakan untuk formatting.
disket memiliki jumlah track sebanyak 80 buah pada side 1. yang dimaksud track disini adalah space berupa lingkaran tempat head menyimpan data dalam bentuk biner. dan terdapat 80 buah track pada side 2.
pada setiap track terdapat 18 sektor/sector. sektor merupakan pembagian dari track. setiap sektor dapat menyimpan data sebanyak 500Byte.
setelah mengetahui jumlah byte pada sebuah sektor, jumlah sektor pada sebuah track, mengetahui jumlah track pada disk dan jumlah side pada disk, maka kita dapat menghitung kapasitas disk tersebut, dalam hal ini floopy disk / disket.
500Byte x 18 sector x 80 track x 2 side = 1.44MByte

jadi itulah jumlah byte pada sebuah disket.

mengenai cluster, cluster adalah irisan dari sektor dan kluster.

1.44MByte - 1.38MByte = 6MByte

sisa sebanyak 6MByte digunakan oleh disket untuk jarak antar track, jarak antar sektor dan sistem formatting, biasanya menggunakan sistem format IBM.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar