Rabu, 27 Januari 2010

the creativity way

sebuah catatan dari mata kuliah entrepreneurship [pak siswoyo]
manusia memiliki alam bawah sadar yang terkadang tidak ingin disebut alam bawah sadar karena sering dihubungkan dengan alam gaib dan sebagainya. sehingga Jean Cameroon yang menulis buku 'meniru kreatifitas tuhan' menyebut alam bawah sadar sebagai artis kecil.
untuk membangunkan aris kecil, Jean Cameroon memiliki trik tersendiri.

Jean cameroon bangun di pagi hari. setelah dia bangun, dia mulai menulis. dia menulis tanpa tema, topik ataupun aturan penulisan yang membatasi tulisannya. ia hanya menulis apa yang secara spontan keluar lewat pena nya.
Jean menulis sesuatu di pagi hari setelah bangun tidur selama 2 bulan, dan setiap pagi hari, ia menulis sebanyak 3 lembar. di menulis apa saja ke kertas tersebut. setelah ditulis, dia melipatnya dan memasukkannya kedalam amplop, membubuhkan tanggal penulisan lalu dimasukkan ke kotak.
setelah dua bulan, dia membuka kotak yang berisi tulisan-tulisan spontannya. ia membuka setiap amplop. ia membaca apa yang telah ia tulis setiap pagi hari dan menemukan bahwa semakin lama, tulisan ia semakin teratur. di hari pertama ia menulis sampai dua bulan tulisannya disusun sehingga membentuk sebuah buku.

Jean camerron mengibaratkan kreatifitas itu sebagai sumur. ketika kita menggali sedalam 10 meter, kita akan menemukan struktur tanah yang tidak homogen. dalam tanah dengan kedalaman 10 meter, kita dapat menemukan batu, pasir, air, sampai dan bahkan tulang belulang. ketika kita menggali sedalam 20 meter sumur, kita akan mulai menemukan struktur tanah yang homogen.
struktur tanah tersebut adalah sama dengan kebiasaan Jean menulis. tulisan pertama tidak teratur, tapi setelah 2 bulan ia mulai menemukan jalan ia menulis, sebuah jalan kreatifitas.

alam bawah sadar yang disebut oleh jean adalah artis kecil, merupakan bagian dari alam bawah sadar yang memegang peran paling besar dalam kendali otak kita.
pekerjaan otak kita untuk sekolah, kuliah, kerja dan lain-lain hanya menghabiskan 5% dari kemampuan otak. 95% adalah milik artis kecil kita.

proses menulis selama 2 bulan dengan spontan telah membangunkan artis kecilnya.
proses selanjutnya setelah membangunkan artis kecilnya adalah mendidik adik kecilnya dengan waktu yang sedikit.
dengan menghabiskan waktu 1 jam dari 1 minggu dengan pergi sendiri ke tempat dengan pemandangan indah. ketika kita melihat pemandangan sendiri, itu adalah proses mendidik artis kecil kita tentang alam.
dengan datang ke tempat tertentu untuk melihat pemandangan sendirian, hal itu sama dengan mengajak adik anda yang sedang imut-imutnya untuk mengenal indahnya alam dan menimbulkan rangsangan di otak.

waktu 1 jam dalam 1 minggu adalah waktu yang diperlukan oleh artis kecil anda untuk manja dengan anda, untuk mendidik kreatifitas anda sehingga potensi 95% anda yang tadinya tertidur, bangun dan dapat berkembang.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar