Jumat, 04 Desember 2009

film balibo



Balibo merujuk kepada kasus terbunuhnya lima wartawan asing, yaitu Greg Shackleton, Brian Peters, Malcolm Rennie, Gary Cunningham, dan Tony Steward di Balibo, wilayah perbatasan di Timor Leste (dulu Timor-Timur) pada tahun 1975.

Ketika itu, kelima wartawan asing tersebut tewas ketika tengah meliput masuknya tentara Indonesia ke Timor Leste. Pemerintah Indonesia mengatakan, kelima wartawan asal Australia, Selandia Baru, dan Inggris tersebut tewas karena terjebak di medan peperangan.

Namun, pengadilan koroner di negara bagian Australia, New South Wales, pada tahun 2007, mengatakan, berdasarkan hasil investigasi, kelima wartawan tersebut dibunuh oleh tentara Indonesia.

Film Balibo yang disutradarai Rob Conolly pun mengangkat kisah tersebut berdasarkan fakta di atas.
(sumber kompas.com)

Kalo menurut aku, kenapa indonesia ga ngebikin film balibo versi indonesia yang isi ceritanya berdasarkan fakta menurut bangsa indonesia. Biarkan saja Rob Conolly membuat film dari sudut pandang australia. Sekarang giliran sutradara indonesia yang ditantang untuk membuat film balibo versi indonesia untuk menambah sudut pandang kepada para penikmat film, bukan untuk menimbulkan masalah politik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar